SEO Negatif Is Real: Inilah yang Perlu Anda Lakukan - Google melakukan segalanya dengan kekuatannya untuk mengurangi keefektifan SEO topi hitam dan mencegah agen yang tidak terhormat menggunakan strategi jenis ini. Namun, sementara penggunaan SEO topi hitam untuk mempromosikan sebuah situs web semakin menurun popularitasnya, menggunakan taktik SEO negatif untuk menyerang situs lain semakin meningkat.
Teknik SEO Negatif muncul dalam berbagai bentuk yang tidak pantas. Ada yang ringan dan berkembang seiring berjalannya waktu, sementara yang lainnya segera terlihat.
Inilah yang perlu Anda ketahui untuk melindungi diri dari strategi pemasaran yang meresahkan ini.
Masalah SEO Negatif # 1: Link Farms dan Spammy Backlinks
Menjawab pertanyaan "apa itu Negatif SEO?" Itu rumit karena ada begitu banyak taktik yang digunakan oleh scammers topi hitam. Namun, jika Anda memahami dasar-dasar SEO topi putih, maka Anda harus bisa mengetahui bagaimana orang bisa menggunakan strategi ini untuk menyerang orang lain.
Salah satu bentuk paling umum dari SEO negatif adalah penggunaan link farms untuk menciptakan sekumpulan tautan berkualitas rendah dan berisi spam yang mengarah ke situs web. Ini juga merupakan contoh nyata profesional topi hitam yang menggunakan panduan Google untuk secara sengaja menyakiti situs web yang mereka buat.
Bila ini terjadi, dalam hitungan hari atau minggu, spammer membangun serangkaian tautan balik SEO negatif dengan menulis konten serupa dengan teks jangkar yang sama pada lusinan situs web berkualitas rendah.
Dari perspektif perayap penelusuran, sepertinya situs web Anda mencoba mengembangkan kampanye pembuatan tautan (dan melakukannya dengan sangat buruk). Para spammer pergi keluar dari jalan mereka untuk membuat link tampak miskin dan tidak wajar, sehingga website Anda akan ditandai untuk hukuman dan drop peringkat Anda.
Contoh dari hal ini terjadi pada Jacob King di situsnya untuk podcastnya, "WP Bacon." King menyadari bahwa ribuan tautan mulai masuk dengan teks "film porno" dan kata kunci film dewasa lainnya. Kata kunci asli "film porno" sendiri menghasilkan 20 persen profil tautannya hanya 10 hari setelah King memperhatikan kampanye SEO negatif. Yang lebih buruk lagi, pada saat itu, "WP Bacon" turun lebih dari 50 titik untuk mayoritas kata kunci peringkatnya. Lalu lintas anjlok, pendengar baru terjatuh, dan "WP Bacon" ditinggalkan untuk mengambil bagian-bagiannya.
Jangan salah, SEO negatif adalah ancaman parah bagi situs Anda dan bisa menghilangkan tahun upaya pencarian dalam beberapa hari.
Solusi: Link Monitoring dan Disavow Files
Seperti penyakit apa pun, yang terbaik adalah mengikuti kampanye umpan balik negatif sebelum menyebar dan menimbulkan malapetaka di situs web Anda. Tanpa pemantauan yang tepat, mungkin perlu waktu berminggu-minggu sebelum Anda menyadari penurunan lalu lintas dan rangking disebabkan oleh tautan balik yang mencurigakan yang merugikan SEO Anda. Semakin lama spammer ini harus membangun kampanye mereka, semakin banyak kerusakan yang bisa mereka lakukan pada halaman Anda.
Anda harus proaktif dan mengawasi aktivitas jenis ini. Untuk itu, Alexa menawarkan Competitor Backlink Checker sebagai bagian dari Advanced Plan kami yang memungkinkan Anda untuk meninjau backlink yang menunjuk ke situs Anda. Ini juga mencakup Alexa Rank dari situs yang menghubungkan, sehingga Anda dapat melihat apakah mereka memiliki otoritas rendah dan cenderung menjadi situs berisi spam.
Pencegahan adalah kunci bila menyangkut seseorang yang mencoba menunjukkan tautan buruk ke merek Anda, jadi laporan ini sangat membantu dalam mengawasi profil backlink Anda. (Alat ini juga memungkinkan Anda menemukan backlink pesaing, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mempelajari persaingan Anda juga.)
Jika Anda menemukan bahwa spammer menjalankan kampanye SEO negatif terhadap merek Anda, kirimkan file penolakan yang mencantumkan domain yang menyerang. Penyerahan melalui Google Search Console menginstruksikan Google untuk mengabaikan semua tautan yang berasal dari domain yang buruk, sehingga tidak mempengaruhi peringkat Anda. Meskipun ini memecahkan masalah, ini bukan perbaikan satu kali. Anda perlu memonitor dan menolak tautan spam karena muncul terus menerus.
Masalah SEO Negatif # 2: Konten yang Dipetakan Duplikat di Seluruh Web
Strategi SEO negatif pertama mengambil keuntungan dari pertarungan Google terhadap tautan buruk dan menyebabkan situs web mendapatkan penalti melalui pembaruan Penguin mesin pencari. Strategi negatif kedua memanfaatkan update Panda Google.
Dalam kasus ini, pembuat konten mengambil konten Anda dan memposting ulang sebagai konten mereka sendiri. Meskipun Google biasanya sangat baik dalam mengidentifikasi konten asli versus konten yang disalin, mungkin situs Anda akan dihukum karena kiriman yang disalin alih-alih spammer.
Ada dua alasan spammer akan mengikis konten Anda:
- Sebuah situs web berkualitas rendah ingin meningkatkan isinya dengan mencuri dari yang lain.
- Seorang spammer ingin mengikis konten Anda sebelum Google merayapinya, jadi situs Anda dihukum karena duplikasi.
Sementara alasan pertama kurang berbahaya (meski salah secara etis), yang terakhir bisa menghancurkan SEO Anda saat konten Anda berulang kali dicuri untuk mendiskreditkan pekerjaan Anda. Seringkali, konten tersebar di peternakan tautan untuk membingungkan mesin telusur lebih jauh dan meyakinkan Google bahwa konten Anda harus dihukum.
Dalam dunia pemasaran konten yang memerlukan waktu berjam-jam dan hari untuk menulis konten SEO dan posting blog yang berkualitas, jenis serangan ini dapat sangat mengecewakan bagi pembuat konten yang melihat karya mereka segera mendiskreditkan dan menggunakannya untuk melawannya.
Solusi: Laporan Pelanggaran Hak Cipta Google
Langkah pertama saat Anda menemukan konten duplikat adalah dengan menjangkau webmaster.
Sangat mungkin bahwa editor situs web atau staf administrasi tidak menyadari isinya dicuri, terutama jika bekerja dengan beberapa kontributor dan editor tamu. Membawa konten curian ke perhatian mereka benar-benar dapat mencegah situs web tersebut mendapat sanksi untuk mendapatkan duplikat konten di masa mendatang, karena mereka dapat mengidentifikasi penyedia konten yang berkontribusi pada konten yang dicuri.
Jika Anda mendapati konten itu dicuri dengan jahat, dan webmaster menolak untuk percaya bahwa konten Anda asli, lalu beralih ke formulir Pelanggaran Hak Cipta Online milik Google. Anda dapat melaporkan konten tergores untuk memastikan Google mengakui Anda sebagai penerbit sejati dan tidak melukai SEO Anda melalui hukuman duplikat.
Masalah SEO Negatif # 3: Situs Hacking dan Serangan Malware
Ketika Anda berpikir tentang hacker yang masuk ke situs Anda, gambaran apa yang muncul dalam pikiran? Kemungkinan besar, Anda menggambarkan penjahat bertopeng mendapatkan akses ke situs Anda untuk mematikannya.
Meskipun ini jelas merupakan ancaman nyata, ada juga teknik hacking yang lebih halus yang digunakan untuk menciptakan SEO negatif.
Jika hacker masuk ke situs Anda dengan tujuan menerapkan teknik SEO negatif, maka kemungkinan besar Anda tidak akan menyadarinya. Mereka mungkin menargetkan halaman yang jarang diakses (seperti artikel blog lama) atau membuat perubahan halus pada halaman terbaru Anda yang merusak situs Anda.
Beberapa taktik ini meliputi:
- Menambahkan konten berkualitas rendah atau mengganggu ke halaman Anda.
- Mengganti konten Anda dengan konten duplikat dari sumber lain, jadi Anda akan dikenai sanksi.
- Menambahkan atau mengganti tautan ke drive ke halaman mereka atau yang mengarahkan lalu lintas ke situs web yang tidak etis.
- Menghapus link dan gambar dari halaman Anda.
- Menyembunyikan perubahan konten dalam HTML, jadi webmaster hanya akan menyadarinya jika mereka memeriksa kode.
Jika Anda telah membuat konten di situs Anda selama bertahun-tahun dan sering melakukan posting, mungkin Anda memiliki situs web yang menjadi target taktik ini karena Anda memiliki begitu banyak konten. Anda mungkin juga memiliki masalah jika Anda memiliki situs web yang belum pernah Anda akses, atau Anda memiliki halaman web yang menerima tingkat lalu lintas yang relatif rendah. Sangat mudah bagi hacker halus ini untuk mengubah situs web tersebut dan memberi efek negatif pada SEO Anda.
Solusi: Audit Situs Reguler dan Pemantauan Admin
Ketika Anda secara teratur mengaudit kinerja situs web Anda, mungkin saja Anda melacak perubahan yang nyata pada halaman Anda.
Alat SEO Alexa's SEO membantu Anda mengawasi situs Anda. Ini mengulas masalah teknis dan menawarkan langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya agar kembali ke jalur semula. Selain itu, Ikhtisar Situs Alexa membantu Anda mengawasi lalu lintas dan rangking Alexa Anda, sehingga Anda dapat melihat perubahan apa yang terjadi.
Anda tidak harus menjadi ahli dalam melawan teknik topi hitam seperti ini. Beberapa tanda peringatan yang harus Anda perhatikan meliputi:
Lonjakan lalu lintas ke beberapa halaman yang tetap konsisten selama beberapa tahun terakhir.
Aliran balik tautan balik yang tiba-tiba ke laman yang sebelumnya tidak aktif, atau tautan balik dari situs web yang biasanya tidak ditautkan ke Anda.
Peningkatan peringkat kata kunci untuk kata kunci yang tidak benar atau tidak relevan.
Taktik SEO negatif ini juga bisa menjadi hasil dari karyawan atau kontributor yang tidak puas.
Spammer mungkin bukan pesaing yang mencoba bangkit, tapi agak kecewa dengan karyawan yang ingin kembali ke perusahaan majikan. Jika Anda baru saja membiarkan seorang karyawan atau kontraktor pergi tapi tidak sepenuhnya mencabut akses mereka, maka mereka bisa secara halus mendatangkan malapetaka di situs Anda.
Masalah SEO Negatif # 4: Ulasan Palsu di Seluruh Web
Taktik SEO yang negatif tidak hanya menargetkan situs Anda; mereka juga pergi setelah halaman lain di web.
Beberapa pemilik bisnis telah memperhatikan banyak ulasan buruk yang menimpa Google, Yelp, Angie's List, dan akun lainnya. Sementara serangan terhadap situs pihak ketiga sering digunakan untuk mendiskreditkan bisnis, hasilnya di Google dapat berdampak langsung pada SEO lokal Anda.
Peringkat rendah ini juga berdampak langsung pada penjualan Anda, karena bisnis cenderung melihat penurunan penjualan yang signifikan setiap kali mereka kehilangan bintang dalam ulasan online. Ini bahkan lebih buruk lagi bila dipasangkan dengan penurunan traffic karena SEO yang lebih rendah.
Langkah pertama dalam menentukan apakah SEO negatif yang harus disalahkan karena penurunan peringkat mendadak Anda adalah dengan memeriksa ulasannya. Kecuali Anda berada di tengah krisis PR utama, maka tidak mungkin Anda tiba-tiba melihat lonjakan ulasan - terutama yang negatif.
Ada beberapa kualitas yang harus diperiksa saat menentukan apakah ulasan itu palsu:
- Kajian tersebut biasanya hanya memiliki satu bintang dan ulasan satu atau dua kata (misalnya, "buruk" atau "benci").
- Ulasannya biasanya terjadi dalam beberapa jam atau hari satu sama lain.
- Peninjau biasanya tidak meninggalkan ulasan untuk perusahaan lain atau memiliki sejarah panjang untuk meninjau halaman lain.
Pada flipside, pengulas yang paling normal menawarkan umpan balik yang otentik untuk perusahaan atau menggunakan situs ulasan untuk memperingatkan orang lain mengapa mereka harus menghindari bisnis.
Bisnis harus dapat melihat ulasan lain yang mereka tinggalkan, yang biasanya merupakan umpan balik positif dan negatif. Berharap untuk melihat baik baik dan buruk ulasan. Tetapi jika Anda melihat serangkaian ulasan negatif satu kata, kemungkinan itu merupakan tanda serangan SEO negatif.
Posting Komentar