Perbaiki Kata Kunci Cannibalization Untuk Mencegah Masalah SEO Tersembunyi - Semua upaya SEO Anda dijalankan dengan tujuan membuat situs Anda lebih mudah bagi Google untuk merangkak dan mengerti. Secara teori, semakin jelas tata letak, keterkaitan, dan data skema Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk menuai keuntungan dari pencarian melalui lalu lintas organik dan tautan organik yang lebih tinggi.
Namun, bahkan profesional SEO terbaik dengan situs web terorganisir pun bisa menjadi mangsa kanibalisasi kata kunci. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa mengurangi potensi pertumbuhan Anda karena strategi kata kunci yang buruk.
Inilah yang perlu Anda ketahui tentang kanibalisasi kata kunci dan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya.
Apa itu kanibalisasi?
Kanalisasi kata kunci terjadi bila terlalu banyak halaman yang dioptimalkan untuk kata kunci yang sama.
Saat Google merayapi situs web yang memiliki beberapa laman yang menargetkan kata kunci yang sama, Google harus menentukan laman mana yang memiliki konten paling relevan. Hal ini menciptakan kebingungan dan meningkatkan kemungkinan mesin pencari akan memilih halaman yang kurang ideal untuk dijadikan peringkat bagi kata kunci tersebut.
Banyak pemasar dan pemilik web percaya jika mereka memiliki banyak laman di situs web mereka yang terkait dengan persyaratan tertentu, rangking mereka untuk istilah tersebut akan meningkat. Secara teori, Google akan memperhatikan keahlian domain di suatu daerah dan memberi peringkat halaman yang lebih tinggi.
Namun, alih-alih memusatkan upaya kata kunci, sebenarnya menyebarkannya. Perayap mesin pencari dibiarkan bertanya-tanya halaman mana yang memberikan informasi terbaik untuk kata kunci atau kueri tersebut.
Mengoptimalkan satu kata kunci di situs web Anda memaksa halaman Anda bersaing satu sama lain. Alih-alih bertarung melawan domain pesaing Anda untuk keunggulan peringkat, halaman Anda harus saling bertarung untuk diperhatikan.
Cara Menghindari Kanibalisasi Kata Kunci
Ada
kabar baik bagi pemasar yang mengidentifikasi kanibalisasi kata kunci
dalam akun mereka: Jika Anda sudah menentukan secara strategis bagaimana
halaman diberi tag dan dioptimalkan, sebagian besar infrastruktur Anda
sudah ada.
Anda hanya perlu mengubah bagaimana Anda mengembangkan strategi dan menetapkan kata kunci. Jauh lebih mudah menyesuaikan strategi kata kunci daripada membangun yang baru dari nol.
Untuk memeriksa konten Anda saat ini untuk kanibalisasi kata kunci dan untuk memperbaiki masalah potensial:
1. Jalankan laporan audit SEO untuk mengetahui keadaan kata kunci Anda. Dari situ, Anda bisa mengembangkan rencana untuk membersihkan hasil Anda dan memperbaiki rangking Anda. Mulailah
dengan mengembangkan spreadsheet dengan URL situs web Anda dan
informasi yang relevan, termasuk tajuk utama, deskripsi meta, kata kunci
target, dan tautan internal Anda. Ini akan menjadi panduan Anda untuk meninjau situasi Anda.
2. Urutkan spreadsheet Anda dengan kata kunci dan melakukan audit di halaman Anda. Jika Anda memiliki selusin halaman dengan kata kunci yang sama, maka Anda perlu mengoptimalkan konten pada halaman tersebut untuk menargetkan istilah yang berbeda.
3. Tentukan kata kunci teratas untuk halaman utama dalam spreadsheet Anda yang mengarah ke konten terbaik. Misalnya, jika Anda membuat whitepaper untuk industri Anda, Anda
mungkin ingin menentukan peringkat untuk beberapa artikel blog yang Anda
buat bersama-sama.
4.
Siapkan 301 pengalihan untuk halaman yang lebih lemah dengan konten
duplikat, konten usang, atau halaman dengan informasi minimal. Ini akan menyalurkan lalu lintas ke halaman utama Anda dan membiarkan mesin pencari memusatkan usaha mereka.
5. Update semua link internal, jadi jangkar sesuai dengan kata kunci target dari halaman yang mereka tuju. Anda tidak ingin menautkan kata kunci target untuk satu halaman ke
halaman lain yang tidak ditargetkan untuk kata kunci tersebut.
Setelah Anda memperbaiki masalah SEO ini, maka Anda bisa belajar bagaimana menghindari kanibalisasi kata kunci di masa depan.
Sederhanakan Proses Audit SEO Anda
Jika
Anda tidak ingin melakukan audit manual untuk memeriksa kanibalisasi
kata kunci, Anda juga bisa menggunakan alat SEO seperti laporan audit
Alexa.
Alat Audit SEO Alexa menghasilkan laporan yang akan membantu Anda mengidentifikasi masalah konten duplikat. Ini termasuk daftar tag judul dan deskripsi meta yang muncul lebih dari satu kali di situs Anda. Jika tag judul dan deskripsi meta sama di situs, mereka dapat berkontribusi terhadap masalah cannibalization kata kunci.
Laporan ini juga akan mencantumkan URL yang menyertakan tag judul duplikat dan deskripsi meta. Dengan cara ini Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi halaman spesifik yang perlu diperbaiki.
Laporan ini juga membantu karena mencakup sistem penilaian untuk kategori faktor SEO. Gunakan
laporan untuk melacak kemajuan Anda dan lihat bagaimana SEO Anda
meningkat saat Anda menyelesaikan masalah cannibalization kata kunci.
Mencegah Cannibalization Melalui Strategi Konten
Seperti kebanyakan usaha SEO, Anda tidak bisa mencegah kanibalisasi sekali dan kemudian tidak pernah mengatasinya lagi. Ini adalah sesuatu yang membutuhkan usaha terus-menerus. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan ahli menyarankan untuk menciptakan strategi jangka panjang untuk mencegah isu-isu masa depan.
Begitu Anda membuat spreadsheet untuk melacak konten dan tautan Anda, terus perbarui dan pantau untuk mencegah dan menyelesaikan masalah yang dapat menyebabkan kanibalisasi kata kunci.
Proses itu bahkan bisa membantu tim konten Anda. Jika mereka mencoba membuat e-book atau panduan yang menarik namun tidak memiliki sumber daya untuk menerbitkannya, mereka dapat menggunakan audit untuk menemukan konten untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai contoh:
- Mereka bisa mengambil serangkaian posting yang dioptimalkan untuk kata kunci yang sama dan menggabungkannya untuk membuat e-book.
- Mereka dapat mengidentifikasi konten berkualitas rendah yang tidak sepenuhnya mencakup topik dan menggabungkannya dengan bagian lain yang lebih kecil untuk menciptakan sumber daya yang menyeluruh.
- Mereka dapat mengidentifikasi kesenjangan dalam kalender konten Anda yang menghasilkan gagasan baru dan artikel yang lebih baik.
Alih-alih memperlakukan pembersihan kanibalisasi sebagai tugas ekstra untuk meningkatkan SEO, Anda dapat menggunakannya sebagai peluang untuk membuat konten yang mengesankan sehingga Anda kekurangan sumber daya untuk dibuat sebelum atau untuk gagasan konten baru yang tidak Anda pikirkan.
Ingatlah, saat Anda menggabungkan dan memperbaiki konten lama, pastikan halaman yang lebih lemah memiliki tag pengalihan yang benar, sehingga semua jalan di dalam halaman URL Anda mengarah ke halaman utama yang ingin Anda rangking. Hal ini membuat pembacaan situs web Anda lebih mudah bagi Google saat menyajikan konten yang akan dibanggakan.
Buat Tag Canonical untuk Konten Duplikat
Sebelum Anda dapat membuat strategi untuk mengurangi kanibalisme kata kunci pada konten yang sama, Anda harus menjawab pertanyaan: Apa itu konten duplikat?
Konten duplikat sering dianggap hal yang negatif. Misalnya, situs web mungkin mencuri konten dan menerbitkannya sebagai konten mereka sendiri. Atau, ahli strategi SEO yang buruk sering memposting konten yang sama beberapa kali untuk membantu peringkat situs web dengan lebih baik.
Meskipun kedua contoh ini tidak boleh menjadi bagian dari strategi SEO Anda, ada kalanya konten duplikat diperlukan untuk usaha pemasaran Anda, seperti:
- Siaran pers dilalui di web untuk berbagi berita.
- Penulis mengutip blogger lain untuk memperluas atau melawan gagasan mereka.
- Situs web menggabungkan konten orang lain untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pembaca mereka dan untuk menskalakan konten.
- Merek menyimpan beberapa kejadian berulang kali dengan informasi serupa.
Jika Anda merasa konten yang Anda buat atau bagikan mungkin cukup banyak elemen duplikat untuk membingungkan Google dan menyebabkan kanibalisasi konten (atau lebih buruk lagi: hukuman mesin telusur), ingatlah untuk menyertakan pemberian tag kanonik.
Poin rel = canonical memberi tag pada mesin pencari ke konten asli atau yang disukai, yang mengurangi kebingungan dan membuat atribusi menjadi lebih mudah.
Untuk bantuan mengidentifikasi potensi masalah duplikat konten, lihat kembali ke Alexa SEO Audit. Laporan ini juga mencakup bagian yang mencantumkan halaman yang mungkin memiliki konten duplikat.
Menghentikan Kanibalisasi Kata Kunci Akan Membantu SEO Anda
Memahami cara mengatasi kanibalisasi kata kunci adalah setengah dari proses untuk memperbaikinya. Banyak
profesional SEO tidak tahu bahwa mereka menghalangi peringkat pencarian
mereka sendiri dengan mengoptimalkan halaman mereka untuk kata kunci
yang sama. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, halaman
Anda akan bersaing dengan pesaing di SERPs dan tidak melawan konten SEO
Anda sendiri.
Untuk mengakses alat yang akan
membantu Anda mencegah kanibalisasi kata kunci dan melakukan audit SEO
mendalam, masuk untuk mendapatkan uji coba 7 hari gratis dari Rencana
Lanjutan Alexa. Ini termasuk akses ke alat Audit SEO kami
dan alat penelitian dan pengoptimalan SEO lainnya untuk membantu Anda
merencanakan, meninjau, dan menyempurnakan konten Anda.
Posting Komentar